A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined offset: 1

Filename: controllers/Document.php

Line Number: 69

Backtrace:

File: /home/rama/public_html/application/controllers/Document.php
Line: 69
Function: _error_handler

File: /home/rama/public_html/index.php
Line: 296
Function: require_once

@thesis{thesis, author={ }, title ={Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas X TITL SMK Negeri 1 Driyorejo}, year={2023}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/MDA0NTZlNTAtNDAwMC0xMWVlLWJkNmYtYjM4YjlkMmNkYTIz}, abstract={Seiring dengan perkembangan zaman, penggunaan media dalampembelajaran semakin bervariasi dengan memanfaatkan kemajuan di bidang teknologi. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Projek DasarKompetensi Kejuruan, pada kelas XTITL di SMK Negeri 1 Driyorejo, penggunaan media pembelajaran masih kurang memanfaatkan perkembangan tekonologi. Variasi terhadapmedia pembelajaran diperlukan untuk meningkatkan semangatbelajar peserta didik terutama untuk menghindari timbulnyarasa bosan saat proses pembelajaran. Penelitian ini difokuskan pada pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis PBLuntuk meningkatkan hasil belajarkelas X TITL SMK Negeri 1 Driyorejo.Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis PBL menggunakan modelpengembangan ADDIE. Subjek penelitianini adalah siswa kelas X TITL SMK Negeri 1 Driyorejo.Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil perolehan nilai rata-rata validasi kelayakan dari aspek modul ajar, aspek materi, aspekmedia, aspek angketrespon siswa, instrumen pretest posttest, instrumen psikomotor, dan instrumen afektifmemperoleh rata-rata sebesar88,36% dengan kriteria sangat valid. Respon siswa terhadappengembangan media pembelajaran interaktifberbasis PBL untuk meningkatkan hasil belajar kelas X TITL SMK Negeri 1 Driyorejo diperoleh rata-rata rating sebesar 93,83% dalam kriteria sangatefektif. Efektifitas peningkatan hasil belajar siswadiperoleh nilai gain score sebesar 0,60 pada ranah kognitifdengan kriteria cukup efektif, pada ranah afektifmemperoleh nilai rata-rata sebesar 87,00 telah melampaui nilai KKM sebesar 75, pada ranah psikomotor 1 memperoleh nilai rata- ratasebesar 89,17 telah melampau nilai KKM sebesar 75, dan pada ranah psikomotor 2 memperoleh nilairata-rata sebesar 88,17 telah melampau nilai KKM sebesar 75.Hasil penelitian menunjukan bahwa, pengembangan media pembelajaraninteraktif berbasis PBL untuk meningkatkan hasil belajar kelas X TITL SMK Negeri 1 Driyorejo dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga media pembelajaran articulate storylane layak untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas.Kata Kunci: Media pembelajaran interaktif, articulate storyline, hasil belajar} }