A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined offset: 1

Filename: controllers/Document.php

Line Number: 69

Backtrace:

File: /home/rama/public_html/application/controllers/Document.php
Line: 69
Function: _error_handler

File: /home/rama/public_html/index.php
Line: 296
Function: require_once

@thesis{thesis, author={ }, title ={Keefektifitan Pembelajaran Dengan Sway Untuk Meningkatkan KemampuanMetakognitif Siswa Kelas XII Pada Materi Pemanfaatan Peta, Penginderaan Jauhdan Sistem Informasi Geografi SMA Negeri 3 Jombang}, year={2021}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/MDA0Y2ZiNTAtZmIyZS0xMWViLTgzMjItNDFmN2UwOTE2ZGY3}, abstract={Kegiatan belajar mengajar menurutKurikulum 2013 memiliki tuntutan dalam pendidikan karakter, tuntutan revolusiindustry 4.0, literasi dengan pembelajaran kontruktivistik dengan kompetensiaspek pengetahuan, ketrampilan dan sikap. Penguasaan keilmuan siswa SMA padatingkat pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif. Kemampuan abad 21 seperti penggunaan ICT dan kemampuanmetakognitif yang dapat menyelesaikan permasalahan secara mandiri harusdipenuhi. Penggunaan media Sway yang bersifat On line memberikan berbagai kemudahan penggunaan dapat menjadimedia pembelajaran yang sesuai tuntutan kurikulum.Penelitian inibertujuan mengetahui kelayakan, respon dan efektifitas dari pembelajaran denganmedia Sway untuk meningkatkankemampuan metakonitif. Penelitian ini, penelitian kuantitatif dengan jenispenelitian eksperimen serta pengembangan materi pembelajaran pada media Sway menggunakan model pengembanganADDIE (Analysis, Desigh, Development, Implementation, Evaluation).Desain uji menggunakan Pre experimentdengan one group pretest-posttes design dimana dilakukan pretest sebelum perlakuan dan posttest setelah perlakuan sehingga hasil perlakuan dapat diketahui darimembandingkan dengan keadaan sebelumnya.Hasil pembahasanmenunjukkan Tingkat kevalidan media Swayberdasarkan hasil validasi validator membuktikan media Sway dalam rentang 34 dengan kategori sangat valid dan valid. Tingkat kelayakan media Sway diukur dari hasil validasi ahli materi, respon guru temansejawat dan respon peserta didik menunjukkan validasi ahli materi dari unsur pembelajaran dan unsur materi didapathasil validasi antara >43,75%-100% dalam kategori tidak baik hinggasangat baik. Respon guru teman sejawatberkisar 88%-100% dalam kategori sangat baik. Respon dari peserta didikbaik dan sangat baik dengan rentang persentase 70,2% - 87,1%. Respon didapat dari guru teman sejawat dan pesertadidik. Respon guru teman sejawat sebesar 96,25 dan peserta didik sebesar 82,98dalam kategori sangat baik. Tingkat keefektifan media Sway diukur dari hasil analisis kemampuan metakognitif hasilbelajar dan kesadaran metakognitif peserta didik. Berdasarkan hasil uji tberpasangan terhadap kemampuan meakognitif hasil belajar peserta didikmenunjukkan bahwa sig 0,000 < 0,05 diterima yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaanantara pretest dan postest. Pada tabel Paired Sample Test kemampuan metakognitif memuat informasi Mean Paired Differences sebesar -39,935, nilai ini menunjukkan selisihrata-rata hasil belajar pre test dan post test dan selisih perbedaan -37.157(95% Confidence Interval Of theDifference Lower dan Upper). Sementara dari hasil analisis kesadaranmetakognitif menunjukkan Mean PairedDifferences adalah sebesar -5,032,nilai ini menunjukkan selisih rata-rata hasil belajar pre test dan post testdan selisih perbedaan -2.132 (95% ConfidenceInterval Of the Difference Lower dan Upper). Dari kedua hasil analisis keefektifantersebut terdapat perbedaan antara hasil nilai pretest dan post testyang menunjukkan bahwa penggunaan media Swaydapat meningkatkan kemampuan metakognitif pesera didik kelas XII IPS.Kata Kunci: Media Sway, Kemampuanmetakognitif, Kelayakan, Keefektifan} }