@thesis{thesis, author={Hendarsih Sri and Rosnalida Siska}, title ={Studi Komparasi Pemberian Terapi Musik dan Terapi Bacaan Al Qur'an terhadap Perubahan Intensitas Nyeri Dismenorea pada Mahasiswi STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2012}, year={2012}, url={http://digilib.unisayogya.ac.id/895/}, abstract={Latar Belakang: Dismenorea adalah rasa nyeri yang terjadi saat menstruasi. Nyeri yang hebat saat menstruasi jika tidak segera diatasi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu distraksi yang paling efektif adalah musik, yang dapat menurunkan nyeri fisiologis, stres, dan kecemasan dengan mengalihkan perhatian seseorang dari nyeri dan terapi pemberian bacaan Al Qur?an dapat membuat jiwa menjadi tenang dan dapat menentramkan. Tujuan: Diketahuinya perbedaan perubahan intensitas nyeri disminorea dengan pemberian terapi musik dan terapi bacaan Al Qur?an pada mahasiswi PSIK Stikes ?Aisyiyah Yogyakarta tahun 2012 Metode: Desain penelitian ini adalah quasi eksperiment. Sampel dari penelitian ini 20 mahasiswi Stikes ?Aisyiyah yang mengalami disminorea tanpa penatalaksanaan farmakologis, metode pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sample. Pengambilan data dengan cara membagi 20 responden menjadi 2 kelompok yaitu 10 sebagai kelompok eksperimen terapi musik dan 10 orang terapi bacaan Al Qur?an dan pemberian tanda pada skala nyeri menggunakan NRS (Numerical Rating Scale)sebelum dan sesudah diberikan terapi musik dan terapi bacaan Al Qur?an selama 15 menit. Teknik analisa statistik untuk mengetahui perbedaan intensitas nyeri disminorea dengan pemberian terapi musik dan terapi bacaan Al-Qur?an menggunakan Uji Chi-Square dan untuk mengetahui perubahan intensitas nyeri disminorhea dengan pemberian terapi musik dan terapi bacaan Al-Qur?an menggunakan Wilcoxon Sign Rank Test. Hasil: Pemberian terapi musik menggunakan Wilcoxon Sign Rank Test diketahui nilai Z hitung sebesar 2,913 dan nilai p=0,004. pemberian terapi bacaan Al-Qur?an menggunakan Wilcoxon Sign Rank Test diketahui nilai Z hitung sebesar 2,070 dan nilai p=0,038. Perbedaan intensitas nyeri disminorea dengan pemberian terapi musik dan terapi bacaan Al-Qur?an menggunakan Uji Chi-Square diketahui hitung 2? sebesar 6,667 dan nilai p=0,010. Pada tabel 2? dengan dk=1 sebesar 3,841, maka hitung 2? > tabel 2? (6,667 > 3,841) dan p<0,05 (0,010 < 0,05). Kesimpulan: Terdapat perbedaan perubahan yang signifikan terhadap intensitas nyeri disminorea dengan pemberian terapi musik dan terapi bacaan Al Qur?an pada mahasiswi PSIK Stikes ?Aisyiyah Yogyakarta tahun 2012. Saran: Mahasiswi yang kurang memahami bacaan Al-Qur?an disarankan mempelajari lebih dalam tentang bacaan Al-Qur?an sehingga dapat dijadikan media untuk terapi yang efektif untuk menurunkan nyeri disminorea.} }