@thesis{thesis, author={KHALEDAH QAWAID SYEIKHAH}, title ={Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif NHT (Number Head Together) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Seni Budaya (Materi Tari) Pada Siswa Kelas XII UPT SMA Negeri 13 Pangkep}, year={2024}, url={http://eprints.unm.ac.id/36240/}, abstract={Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan 1). Mendeskripsikan metode pembelajaran Seni Budaya (Materi Tari) dengan model kooperatif tipe NHT pada siswa kelas XII UPT SMA Negeri 13 Pangkep. 2). Meningkatkan aktivitas belajar Seni Budaya (Materi Tari) melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa XII UPT SMA Negeri 13 Pangkep. Penelitian ini menggunakan metode action reserch dengan menggunakan pendekatan kualitatif teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes tulis dan wawancara. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XII MIPA Al-biruni yang berjumlah 23 orang. Hasil penelitian, 1). Menunjukkan bahwa penerapan model NHT efektif dalam merangsang partisipasi aktif siswa selama proses pembelajaran, terlihat peningkatan yang signifikan dalam keterlibatan siswa dalam diskusi kelompok, presentasi, serta kolaborasi antar siswa. Indikator keberhasilannya mencapai nilai rata-rata KKM, baik pada aktivitas siswa maupun nilai hasil tes belajar siswa. 2). Pada siklus I dan II yang peneliti lakukan melalui tes tulis secara individu. Pada siklus I skor yang diperoleh adalah 1,375 dengan nilai rata-rata yang didapatkan adalah 59,7 dengan tingkat presentase keberhasilan siswa 40% lalu pada siklus II peneliti menemukan jumlah skor hasil belajar siswa yaitu 1,749 dengan nilai rata-rata yaitu 76,1 dengan tingkat presentase keberhasilan meningkat menjadi 86%. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar pada pembelajaran seni budaya khususnya materi tari, mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran NHT (Number Head Together) di kelas XII MIPA Al-biruni UPT SMA Negeri 13 Pangkep. Kata Kunci: Penerapan, Kooperatif NHT, Meningkatkan, Aktivitas belajar} }