@thesis{thesis, author={PRAYOGO DEBY}, title ={HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 GUBUG}, year={2024}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5322/}, abstract={Deby Prayogo. NPM 19110032 : ?Hubungan antara konsep diri dengan prokrastinasi akademik peserta didik SMP Negeri 1 Gubug?. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Univeritas PGRI Semarang. 2022. Dosen Pembimbing I : Eka Sari Setianingsih. S.Pd., M.Pd. Pembimbing II : Dr. Chr.Argo Widiharto, M.Si Penelitian Hubungan antara konsep diri dengan prokrastinasi akademik peserta didik SMP Negeri 1 Gubug. Penelitian dilatarbelakangi oleh tingginya sikap prokrastinasi akademik pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Gubug. Peserta didik mengaku sering menunda mengerjakan tugas karena memiliki persepsi negatif terhadap kemampuan intelegensi yang dimilikinya terutama pada mata pelajaran yang menurutnya sulit dan memilih untuk menghabiskan waktu bermain gawai. Hal tersebut disebabkan karena peserta didik memiliki konsep diri yang rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi data penelitian sejumlah 293 peserta didik, meliputi VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, VIII E, VIII F, VIII G, VIII H dan VIII I. Sampel uji coba (Try out) berjumlah 32 peserta didik kelas VIII A. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 64 peserta didik yang diambil dengan teknik cluster rondom sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala Konsep diri dan skala Prokrastinasi akademik. Berdasarkan uji korelasi Person Product Moment, diperoleh hasil nilai korelasi r hitung sebesar -0,254. Sedangkan nilai r tabel untuk jumlah sampel 64 dengan taraf signifikansi 5% sebesar 0,244. Oleh karena itu nilai r hitung 0,254 > r tabel 0,244 yang berarti kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang signifikan. Maka disimpulkan bahwa terdapat korelasi secara signifikan antara konsep diri dengan prokrastinasi akademik peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Gubug. Hubungan tersebut menunjukkan hubungan yang negatif, karena nilai r hitung yang didapat bertanda negatif. Hubungan negatif tersebut memiliki arti semakin tinggi konsep diri maka semakin rendah prokrastinasi akademik peserta didik, begitu pula sebaliknya semakin tinggi prokrastinasi akademik peserta didik maka semakin rendah konsep diri peserta didik. Kata kunci : Konsep diri, Prokrastinasi akademik} }