@thesis{thesis, author={Rahmayanti A1I1 15 085}, title ={Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Kulisusu}, year={2019}, url={http://repo.uho.ac.id/500/}, abstract={ABSTRAK Rahmayanti. A1I1 15 085. “Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Hasil Belajar Matematika Siwa Kelas VII SMP Negeri 1 Kulisusu”. Penelitian ini merupakan penelitian semu dengan rancangan posttest only control design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimanakah deskripsi hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project; (2) Bagaimanakah deskripsi hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung; (3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kulisusu. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposivesampling. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secararandom, diperoleh kelas VII.4sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.5sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar matematika berbentuk tes uraian sebanyak 8 butir soal pada materi penyajian data. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project, memiliki nilai rata-rata 60,49, median 61,90, modus 66,67, standar deviasi 12,83, varians 164,672; (2) Hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran langsung, memiliki nilai rata-rata 40,09, median 39,68, modus 38,10, standar deviasi 14,28, varians 204,003 dan (3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap hasil belajar metematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kulisusu. Sehingga penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project lebih baik dibandingkan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kulisusu. Kata kunci : Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project, dan Hasil Belajar Matematika} }