@thesis{thesis, author={Dewi Ni Putu Eva Cahaya}, title ={Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teks Debat Berorientasi Strategi E-Learning di Kelas X SMA N 2 Singaraja}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/10464/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran teks debat berorientasi e-learning yang valid, praktis, dan efektif. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan, guru membutuhkan perangkat pembelajaran yakni RPP, Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Asesmen, dan portal e-learning yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh (online). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah validator perangkat pembelajaran, guru Bahasa Indonesia kelas X MIPA 4 dan siswa kelas X IBB sedangkan objek penelitian ini adalah kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif. Data validitas diperoleh dari dua validitator ahli, kepraktisan diperoleh dari pemberian angket kepada guru dan siswa, serta data keefektifan diperoleh dari nilai akhir kelas kelompok kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan perangkat pembelajaran yang disusun valid, praktis, dan efisien. Tingkat validitas RPP sebesar 99,3% (sangat valid), tingkat validitas bahan ajar sebesar 98,4% (sangat valid), tingkat validitas media pembelajaran sebesar 98,8% (sangat valid), dan tingkat validitas asesmen sebesar 100% (sangat valid). Respons guru terhadap tingkat kepraktisan perangkat menunjukkan tingkat kepraktisan perangkat pembelajaran sebesar 94,4% (sangat praktis), respons siswa dalam kelompok kecil menunjukkan tingkat kepraktisan perangkat pembelajaran sebesar 80,95% (praktis), dan respons siswa dalam kelompok besar sebesar 93,2% (sangat praktis). Perangkat pembelajaran efektif digunakan dalam pembelajaran, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Rata-rata nilai kelas ekperimen sebesar 85,59 lebih tinggi daripada kelas kontrol yang hanya mencapai nilai rata-rata kelas 82,6. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran teks debat berorientasi strategi e-learning bersifat valid, praktis, dan efisien. Adapun saran dalam penelitian ini menjadi salah satu alternatif penggunaan e-learning untuk diterapkan guna menciptakan serta menunjang proses pembelajaran yang inovatif. Kata kunci: e-learning, teks debat} }