@thesis{thesis, author={Devy Yitha Kartika}, title ={PELAKSANAAN FULL DAY SCHOOL DI SMA NEGERI 4 SINGARAJA MENINGKATKAN KELELAHAN DAN KEBOSANAN SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA}, year={2020}, url={http://repo.undiksha.ac.id/1059/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan full day school di SMA Negeri 4 Singaraja dapat meningkatkan kelelahan dan kebosanan serta kontribusinya terhadap siswa. Penelitian ini berupa eksperimental lapangan (field eksperimental) dengan rancangan randomized pre and post test group design, dilakukan penilaian berupa: (a) peningkatan kelelahan siswa akibat full day school yang didata dengan kuesioner 30 items of rating scale of general fatigues; (b) peningkatan kebosanan dalam pembelajaran akibat full day school yang didata dengan kesioner kebosanan dalam pembelajaran; (c) kontribusi kelelahan dan kebosanan terhadap prestasi belajar yang didata dengan soal tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Pendataan dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran terhadap 33 sampel selama 3 (tiga) hari. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t-dependent sampel pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kelelahan sebesar 42,04%, kebosanan dalam pembelajaran adalah 33,70% (p<0,05), dan kontribusi terhadap prestasi belajar adalah 7,4% (p>0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan full day school di SMA Negeri 4 Singaraja meningkatkan kelelahan dan kebosanan serta kontribusinya terhadap prestasi belajar hanya sedikit.} }