@thesis{thesis, author={Wardani Winda Pradika}, title ={PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI AKSARA BALI SISWA KELAS V SD NEGERI 8 BANJAR ANYAR KABUPATEN TABANAN TAHUN AJARAN 2020/2021}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/10614/}, abstract={Penelitian ini bertujuan :(1) untuk mendeskripsikan rancang bangun pengembangan E-LKPD interaktif berbasis kearifan lokal pada materi aksara Bali kelas V SD Negeri 8 Banjar Anyar Kabupaten Tabanan Tahun Ajaran 2021/2022, (2) untuk mengetahui kelayakan dari pengembangan E-LKPD interaktif berbasis kearifan lokal pada materi aksara Bali kelas V SD Negeri 8 Banjar Anyar Kabupaten Tabanan Tahun Ajaran 2021/2022 dan (3) untuk mengetahui efektivitas dari pengembangan E-LKPD interaktif berbasis kearifan lokal pada materi aksara Bali kelas V SD Negeri 8 Banjar Anyar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode wawancara, observasi, angket/kuisioner, metode tes dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif, statistik deskriptif serta statistik inferensial. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) rancang bangun E-LKPD interaktif yaitu berupa LKPD yang dikemas secara elektronik berbasis kearifan lokal yang memuat materi pembelajaran dan kegiatan siswa yang bersifat interaktif yang pengembangannya melalui beberapa tahapan yaitu: (a) tahap analisis, (b) tahap desain, (c) tahap pengembangan, (d) tahap implementasi dan (e) tahap evaluasi, E-LKPD interaktif ini dinyatakan layak berdasarkan hasil uji ahli isi pembelajaran sebesar 98,7%, uji ahli media pembelajaran sebesar 98,61%, uji ahli desain pembelajaran sebesar 100%, uji coba perorangan oleh guru sebesar 97,5% dan oleh siswa 93,3%, uji coba kelompok kecil sebesar 96,1%, uji coba lapangan sebesar 95% yang keseluruhan persentase skornya dikualifikasikan sangat baik. (3) Berdasarkan hasil uji-t n=20 diperoleh nilai thitung= 6,1665 sedangkan nilai ttabel = 2,086 dengan taraf signifikansi 5%. Hal tersebut berarti thitung>ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD interaktif berbasis kearifan lokal efektif diterapkan pada muatan lokal bahasa Bali materi aksara Bali siswa kelas V SD Negeri 8 Banjar Anyar Kabupaten Tabanan Tahun Ajaran 2021/2022.} }