@thesis{thesis, author={Windrayanti Ni Made Fajar}, title ={PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI PERPINDAHAN PANAS DI SEKITAR KITA KELAS V SEKOLAH DASAR}, year={2022}, url={http://repo.undiksha.ac.id/10659/}, abstract={Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan produk video pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi perpindahan panas di sekitar kita kelas V Sekolah Dasar yang sangat valid dan sangat baik. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki lima tahap, yaitu: (1) analyze (analisis), (2) design (perancangan), (3) development (pengembangan), (4) implementation (implementasi), (5) evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah video pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi perpindahan panas di sekitar kita, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas, respon guru/praktisi dan respon siswa terhadap video pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi perpindahan panas di sekitar kita. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner. Untuk mengukur validitas, respon guru/praktisi dan respon siswa terhadap video pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi perpindahan panas di sekitar kita, digunakan instrumen rating scale berupa lembar penilaian validitas media yang diisi oleh dua orang dosen sebagai ahli media, dua orang dosen sebagai ahli materi, dan lembar respon media yang diisi oleh dua orang guru/praktisi, dan sepuluh orang siswa melalui google formulir. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan rumus mean untuk mengetahui skor rata-rata validitas, respon guru/praktisi, dan respon siswa terhadap video pembelajaran. Berdasarkan analisis data, terungkap bahwa skor rata-rata bahwa untuk media video pembelajaran sebesar 4,83 dan skor rata-rata validasi materi sebesar 4,70. Skor rata-rata respon guru terhadap video pembelajaran sebesar 4,92 dan skor rata-rata respon siswa sebesar 4,84. Hal ini berarti video pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi perpindahan panas di sekitar kita yang dikembangkan tergolong sangat baik.} }