@thesis{thesis, author={Aziz Ali Irfani}, title ={RESEPSI KHALAYAK TERHADAP KAMPANYE KRISIS IKLIM PADA INSTAGRAM @Kpop4Planet}, year={2022}, url={http://repo.usni.ac.id/943/}, abstract={Kehadiran akun Instagram @Kpop4Planet merupakan salah satu akun yang memanfaatkan sosial media sebagai platform untuk berkampanye mengenai krisis iklim lingkungan di dunia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui resepsi khalayak terhadap kampanye krisis iklim pada Instagram @Kpop4Planet. Landasan Teori yang digunakan adalah Teori Resepsi dan menggunakan Landasan Konseptual Komunikasi, Media Sosial, Instagram, Resepsi, Kampanye dan Khalayak/Audiens Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Analisis data menggunakan analisis resepsi Stuart Hall. Pada penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data Focus Group Discussion. Paradigma post-positivisme, Analisis data mencakup kegitan proses: Reduksi Data, Penyajian data, dan Kesimpulan/Validasi. Focus Group Discussion menunjukan bahwa setiap informan memberikan pemaknaan (decoding) terhadap pesan media melalui tiga kemungkinan posisi yaitu Dominan, Negosiasi, Oposisi. Perbedaan pemaknaan khalayak terjadi karena setiap individu memikiki latar belakang yang berbeda seperti kelas sosial, pendidikan, dan budaya. Dari hasil tersebut diketahui bahwa resepsi khalayak terhadap akun Instagram @Kpop4Planet berada diposisi dominan dimana informan menganggap kegiatan kampanye krisis iklim Instagram @Kpop4Planet memiliki tujuan yang baik untuk menjaga lingkungan dan mengurangi krisis iklim di dunia, isi pesan menarik untuk dilihat sehingga menarik khalayak untuk mengikuti dan berkontribusi dalam kegiatan kampanye krisis iklim.} }