@thesis{thesis, author={AGUSTINA SINDI and Izzati Nur and Susanti Susanti}, title ={PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PENDEKATAN RME SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN TERDIFERENSIASI PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP}, year={2025}, url={http://repositori.umrah.ac.id/9012/}, abstract={Secara garis besar tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan e-modul berbasis pendekatan RME sebagai pendukung pembelajaran terdiferensiasi pada materi SPLDV kelas VIII SMP yang valid dan praktis. Subjek yang diteliti pada penelitian ini ialah siswa SMP kelas VIII pada SMP Negeri 10 Kota Tanjungpinang. Metode penelitian yang digunakan ialah Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE dengan menerapkan tiga dari lima tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), dan Development (Pengembangan). Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, penyebaran angket dan dokumentasi. Lembar validasi produk yang telah diberikan kepada validator sesuai dengan keahliannya digunakan sebagai instrumen pendukung dalam mengumpulkan data. Teknik analisis data menggunakan teknik campuran yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menjabarkan penilaian validitas dan praktikalitas oleh validator ahli pada e-modul berbasis pendekatan RME sebagai pendukung pembelajaran terdiferensiasi pada materi SPLDV dengan menunjukkan hasil presentase validasi ahli materi sebesar 88% (Valid), presentase ahli media sebesar 93% (Sangat Valid), presentase ahli bahasa sebesar 91% (Sangat Valid), presentase respon pendidik sebesar 87% (Praktis), dan presentase respon peserta didik sebesar 85% (Praktis). Dari presentase penilaian validitas dan praktikalitas tersebut maka dapat dinyatakan bahwa pengembangan e-modul berbasis pendekatan RME sebagai pendukung pembelajaran terdiferensiasi pada materi SPLDV kelas VIII SMP di SMP Negeri 10 Kota Tanjungpinang layak digunakan serta memenuhi kriteria valid dan praktis.} }