@thesis{thesis, author={NUGRAHA ANGGA ADITIYA}, title ={UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA DADA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII C SMPN 13 Tasikmalaya)}, year={2024}, url={http://repositori.unsil.ac.id/12816/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran inquiry learning dapat meningkatkan hasil belajar renang gaya dada dalam olahraga renang pada peserta didik kelas VIII C SMPN 13 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilakukan 2 siklus. Subjek penelitian siswa kelas VIII C SMPN 13 Tasikmalaya jumlah laki kaki 18 dan perempuan 14 orang, objek penelitian ini adalah proses peningkatan hasil belajar renang dengan menerapkan model pembelajaran inquiry learning dengan berjumlah 32 peserta didik dengan Materi yang akan dilaksanakan yaitu materi aktivitas air renang gaya dada. Intrumen penelitian menetapkan yaitu tiga penilaian aspek kognitif, observasi aktivitas peserta didik dan aspek psikomotor yang ada pada (RPP) dimaksud untuk mengetahui nilai proses. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar renang gaya dada siswa kelas VIII C SMPN 13 Tasikmalaya menerapkan model pembelajaran inquiry learning. Setelah menerapkan model pembelajaran inquiry learning pada siswa kelas VIII C dilakukan dengan 2 siklus hasilnya 90,82 diatas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 85. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran renang gaya dada dengan menggunakan model pembelajaran inquiry learning dengan jumlah 32 orang, dengan melakukan rangkaian renang gaya dada dengan baik dan adanya peningkatan kemampuan siswa. Sehingga model pembelajaran inquiry learning dapat meningkatkan renang gaya dada pada peserta didik kelas VIII C SMPN 13 Tasikmalaya. Kata Kunci : Hasil Belajar, Inquiry learning, renang gaya dada.} }