@thesis{thesis, author={Mahendra Yusron Ihsa}, title ={Desain Kapal Cepat dengan Sistem Penggerak Utama Water Jet untuk Kondisi Daerah Perairan Sungai Kalimantan (Low Draft)}, year={2021}, url={http://repository.itk.ac.id/17410/}, abstract={Kalimantan dengan luas mencapai 549.032 km2 yang mencakup 28% seluruh daratan Indonesia. Aliran sungai di Kalimantan memiliki fungsi yang penting dalam mendukung perkembangan perekonomian serta transportasi air. Pada rute perjalanan transportasi air bergantung pada kondisi aliran sungai. Dengan mengacu pada ciri perairan sungai Kalimantan dengan panjang sungai dapat mencapai ribuan kilometer serta pola aliran dari rangkaian pegunungan menuju ke arah laut,penggunaan kapal cepat sebagai moda transportasi air yang beroprasi di perairan sungai Kalimantan merupakan upaya yang tepat guna mempersingkat durasi waktu tempuh perjalanan Dalam hal ini, kapal cepat yang di maksud memiliki kecepatan diatas 20 knot. Disamping itu, dengan mengacu pada pendangkalan sungai akibat sedimentasi serta fenomena pasang surut di wilayah Kalimantan yang cukup tinggi, diperlukan moda transportasi kapal cepat yang dapat melalui kondisi perairan dengan sarat kapal yang rendah Maka dari itu diperlukan pengaplikasian sistem propulsi water jet pada kapal cepat sebagai moda transportasi pada perairan sungai Kalimantan dengan memiliki kondisi yang cukup dangkal. Adapun beberapa keistimewaan pengaplikasian sistem propulsi water jet tersebut diantaranya adalah dengan tidak terdapatnya propeller dan kemudi kapal, sehingga tidak terjadi objek yang yang memperbesar hambatan kapal. Pada penelitian kali ini menggunakan metode parent ship design approach, dengan ukuran utama kapal yaitu Length overall: 73.6m, Beam overall: 12m, Depth at side: 6m, Draught max : 4.5m, Dead weight max : 721.3t, Speed Max: 36 Knots. Kata kunci : Kalimantan, Kapal Cepat, Sungai, Transportasi, Water Jet.} }