@thesis{thesis, author={Aulia Rahmawati}, title ={KAJIAN PEMELIHARAAN BANGUNAN GEDUNG TERHADAP KENYAMANAN PENGGUNA GEDUNG PUSAT PERBELANJAAN KANDILO PLAZA}, year={2021}, url={http://repository.itk.ac.id/17575/}, abstract={Dunia konstruksi pasti tidak akan terlepas dari pemeliharaan maupun perawatan gedung. Adapun yang dimaksud dengan pemeliharaan (maintenance) adalah suatu cara untuk mempertahankan fungsi dari bangunan itu sendiri. Pemeliharaan (maintenance) pada bangunan sangat berpengaruh pada saat bangunan tersebut selesai didirikan atau dibangun dan akan digunakan untuk aktivitas pengguna bangunan. Hasil pemeliharaan diharapkan dapat meminimalisir kerusakan yang terjadi pada bangunan dan mampu memberikan rasa nyaman bagi pengguna gedung pusat perbelanjaan pada saat berada didalam bangunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pemeliharaan yang telah dilakukan selama ini di gedung pusat perbelanjaan dan mengetahui pengaruh pemeliharaan gedung terhadap tingkat kenyamanan pengguna gedung. Dengan menggunakan teknik random sampling sebanyak 300 sampel responden diambil pada penelitian ini. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan hasil kuesioner responden dan hasil observasi. Data yang diperoleh di analisis menggunakan metode analisis regresi linier berganda, dengan bantuan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan skala likert yang menunjukkan nilai 4, dimana nilai tersebut menjelaskan bahwa pemeliharaan bangunan yang dilakukan oleh pihak manajemen gedung pusat perbelanjaan Kandilo Plaza sudah tergolong baik. Berdasarkan pengujian dan proses olah data diperoleh hasil sig = 0,000 < ? = 0,05 yang berarti secara simultan variabel komponen arsitektur, struktur, mekanikal dan elektrikal berpengaruh signifikan terhadap kenyamananpengguna dan pengunjung gedung dengan besarnya pengaruh 17,2 %.} }