@thesis{thesis, author={Zahwa Chika Aulia}, title ={PENGEMBANGAN FRONT-END WEBSITE SERRUM.ID SEBAGAI PLATFORM PEMBELAJARAN DIGITAL INTERAKTIF MENGGUNAKAN REACT JS}, year={2024}, url={https://repository.nurulfikri.ac.id/id/eprint/556/}, abstract={Teknologi internet telah meningkatkan penggunaan platform pembelajaran digital, terutama di kalangan siswa SMA. Platform pembelajaran digital lebih banyak digunakan oleh pendidikan formal, sementara pendidikan non-formal masih kekurangan platform yang kontekstual dan menarik. Serrum.id merupakan platform yang fokus pada pendidikan seni dan sosial-politik melalui metode artistik. Program remedial yang dilaksanakan oleh Serrum.id secara offline belum efisien dan sulit dilacak perkembangannya. Pada penelitian ini, mengembangkan program remedial offline menjadi platform digital berkelanjutan berbasis proyek yang lebih efisien dan mudah diakses siswa menggunakan metode design thinking dan React JS. Metode design thinking menerapkan lima tahapan di dalamnya yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test, untuk mengetahui keluhan siswa dan menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Penelitian ini memperoleh hasil usability prototype meningkat dari 69 menjadi 80, sehingga dapat dikatakan hasil usability masuk dalam kategori excellent dan sudah berada di atas rata-rata. Kemudian untuk pengujian software menggunakan black-box testing menunjukkan bahwa 90% skenario uji berjalan dengan baik. Dengan demikian, menunjukkan bahwa website remedial dapat memenuhi kebutuhan siswa dan siapdigunakan sebagai platform pembelajaran seni digital yang efektif bagi siswa SMA. Kata kunci : Design Thinking, Pembelajaran Digital, React JS, Serrum.id, Usability.} }