@thesis{thesis, author={Farida Z}, title ={Pengaruh Model Pembelajaran discovery learning Terhadap Kreativitas Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Pai Siswa Kelas VII di Mts. Darul ULUM Ngabar Tahun Pelajaran 2017/2018}, year={2018}, url={http://repository.stitradenwijaya.ac.id/369/}, abstract={Kurikulum 2013 menjadi perbincangan hangat dalam dunia pendidikan terutama mengenai adanya perubahan pada pendekatan pembelajaran dan proses penilaiannya. Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan saintifik atau pendekatan ilmiah. Pendekatan ini harus diterapkan dalam pembelajaran agar pembelajaran menjadi lebih aktif. Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran harus didukung oleh model pembelajaran yang sesuai seperti model discovery learning. Apalagi untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Model ini dirasa tepat untuk menyampaikan materi-materi yang berhubungan dengan konsep-konsep ajaran Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar pengaruh model discovery learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs. Darul Ulum Ngabar. Jenis penelitian ini adalah survey (survey research), dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Data tersebut kemudian akan dianalisis dengan menggunakan analisis uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Penggunaan model pembelajaran discovery learning di MTs. Darul Ulum khususnya pada kelas VII, menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah dan prinsip-prinsip pembelajaran Hal ini dibuktikan dari hasil observasi terhadap respon siswa dalam pembelajaran yang memperoleh rata-rata sebesar 83, dengan total prosentase siswa yang aktif sebesar 66% dan siswa yang cukup aktif sebesar 30%. 2). Hasil dari proses pembelajaran dengan model discovery learning di MTs. Darul Ulum Ngabar dapat meningkatkan kreativitas pemecahan masalah dan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran, sehingga siswa terlihat lebih aktif dibuktikan dari hasil observasi terhadap kreativitas pemecahan masalah diperoleh rata-rata sebesar 85, dengan total prosentase siswa yang masuk dalam kategori kreatif dalam memecahkan masalah sebesar 79% dan untuk kategori siswa yang cukup kreatif sebesar 20%. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kreativitas pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, hal ini dibuktikan sig. 1,660 > 0,05 dengan kontribusi sebesar 95%.} }