@thesis{thesis, author={MULYADI MULYADI and SUSANTO HARI PURNOMO and WIDYATI NOVIAN}, title ={PENGARUH KONSENTRASI BELAJAR DAN LITERASI NUMERASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI TKJ SMK NEGERI 1 PACITAN}, year={2022}, url={http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/895/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini yang pertama yaitu untuk mengetahui pengaruh konsentrasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Kedua yaitu untuk mengetahui pengaruh literasi numerasi terhadap hasil belajar matematika siswa. Ketiga untuk mengetahui pengaruh konsentrasi belajar dan literasi numerasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Pacitan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Variabel yang digunakan adalah konsentrasi belajar, literasi numerasi dan hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Pacitan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen angket konsentrasi belajar dan instrumen tes literasi numerasi. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh konsentrasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 8,4% dengan sifat pengaruhnya positif pada level rendah. 2) Terdapat pengaruh literasi numerasi terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 9,4% dengan sifat pengaruhnya positif pada level rendah. 3) Terdapat pengaruh konsentrasi belajar dan literasi numerasi terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 16,1% dengan sifat pengaruhnya positif pada level sedang. Kata Kunci: Konsentrasi Belajar, Literasi Numerasi, Hasil Belajar Matematika} }