@thesis{thesis, author={BIANTORO RUDI NUR}, title ={PENGARUH TINGKAT PENYESUAIAN DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI ERA NEW NORMAL}, year={2022}, url={http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/902/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat penyesuaian diri (tinggi, sedang, rendah) terhadap hasil belajar matematika siswa di era new normal, 2) pengaruh dukungan sosial (baik, sedang, buruk) terhadap hasil belajar matematika siswa di era new normal, 3) pengaruh interaksi antara tingkat penyesuaian diri dan dukungan sosial terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI SMK N Kebonagung. Sampel penelitian tini adalah siswa kelas XI SMK Negeri Kebonagung dan diambil secara acak. Pengambilan sampel dilakukan dengan tekhnik simple random sampling. Tekhnik pengumpulan data menggunakan uji lanjut non parametrik Kruskal Wallis H. Hasil analisis data penelitian menyimpulkan bahwa: 1) berdasarkan uji lanju H0A ditolak artinya terdapat perbedaan antara tingkat penyesuaian diri (tinggi, sedang, rendah) terhadap hasil belajar matematika siswa di era new normal, 2) berdasarkan uji lanjut H0B diterima artinya tidak terdapat perbedaan antara dukungan sosial (baik, sedang, buruk) terhadap hasil belajar matematika siswa di era new normal, 3) berdasarkan uji lanjut H0AB diterima artinya tidak terdapat perbedaan interaksi antara tingkat penyesuaian diri dan dukungan sosial terhadap hasil belajar matematika siswa di era new normal. Kata Kunci: Penyesuaian diri, Dukungan sosial, Hasil belajar} }