@thesis{thesis, author={Dhea Salwa Deswita (NIM. 5012011022)}, title ={Eksistensi coffee shop terkait perilaku konsumtif remaja (studi kasus pada Coffee Shop Maio)}, year={2024}, url={http://repository.ubb.ac.id/10106/}, abstract={Keberadaan coffee shop menjadi tempat favorit bagi beberapa kalangan, khususnya remaja di kota-kota besar seperti Pangkalpinang. Coffee Shop Maio memiliki daya tarik seperti memiliki interior yang menarik, suasana yang nyaman, fasilitas yang memadai, varian minuman yang unik dan menarik, pelayanan yang ramah, serta lokasi yang strategis. Daya tarik tersebut membentuk perilaku konsumtif remaja, yang sering menghabiskan waktu dan uang tanpa mempertimbangkan kebutuhan lainnya. Remaja dalam penelitian ini merupakan remaja dalam masa peralihan anak-anak menuju dewasa, yang mulai menyesuaikan gaya hidup sebagai bagian dari identitas diri mereka. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif remaja di Coffee Shop Maio serta implikasinya terhadap gaya hidup mereka. Teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan dalam penelitian adalah teori masyarakat konsumsi Jean Baudrillard. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, di mana penelitian kualitatif ini merupakan penelitian yang tidak menggunakan angka-angka sebagai sumber datanya, melainkan penggambaran langsung yang terjadi di lapangan melalui observasi aktivitas remaja di Coffee Shop Maio, wawancara dengan pengunjung dan pemilik Coffee Shop Maio, serta dokumentasi berupa foto dan catatan lapangan. Data dalam penelitian ini dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja yang berperilaku konsumtif karena ada rasa nyaman akan daya tarik yang disuguhkan Coffee Shop Maio yang membuat remaja betah untuk berlama-lama di sana, serta didorong oleh faktor internal dan eksternal yang melekat pada diri remaja untuk menunjukkan identitas dirinya. Faktor internal meliputi motivasi, persepsi, gaya hidup, dan kepribadian, sedangkan faktor eksternalnya meliputi kelas sosial, lingkungan sosial, dan kelompok sosial. Adapun implikasi perilaku konsumtif terhadap gaya hidup remaja di Coffee Shop Maio yakni remaja semakin tidak rasional dalam melakukan pembelian yang didorong oleh hasrat kesenangan, keborosan, serta tidak berpikir secara rasional akan kebutuhan mendatang.} }