@thesis{thesis, author={Mispah Yatun}, title ={PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP PERESTASI BELAJAR SISWA PADA KELAS X MA NW NURUL ILHAM POHGADING TIMUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014}, year={2013}, url={http://repository.ugr.ac.id:1015/1148/}, abstract={Penelitian ini menggunakan Metode Eksperimen Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa X yang terdiri dari 4 Kelas yang berjumlah 108 orang Siswa, mulai dari Kelas X.1 sampai dengan X.4, kelas yang dijadikan Sampel Penelitian adalah Kelas X.I sebagai Kelas Kontrol dan X.2, sebagai Kelas Eksperimen yang berjumlah 68 Siswa. Tekhnik Sampling yang digunakan adalah Tehnik Acak sederhana. Sedangkan Tehnik Pengumpulan Data yang digunakan adalah Tehnik Tes yang berupa Pilihan Ganda (Multiple Choice), dan tehnik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah uji t 2 (dua) pihak. Setelah dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh, dimana dengan menggunakan uji t 2 (dua) pihak untuk sampel yang berdistribusi normal dan homogen, di dapatkan informasi bahwa harga t hitungannya 6,89. Sementara harga t tabelnya 2,00 jadi dengan dasar itu, maka dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel. Sehingga Ha yang berbunyi Penggunaan Keterampilan Proses lebih berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar siswa jika dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional pada siswa Kelas X di MA NW Nurul Ilham Pohgading Timur Kecamatan Pringgabaya Tahun Pelajaran 2013-2014. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini, bahwa ternyata dengan menggunakan keterampilan proses lebih berpengaruhp jika dibandingkan dengan pendekatan konvensional di dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.} }