@thesis{thesis, author={Khotimah Nur}, title ={ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SUDUT DI KELAS IV MI TARBIYATUS SA’ADAH}, year={2024}, url={http://repository.umla.ac.id/4505/}, abstract={Pembelajaran matematika materi sudut sering kali menjadi tantangan bagi sebagian siswa di tingkat sekolah dasar. Ada banyak materi matematika yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kesulitan belajar siswa pada materi sudut dan faktor yang membuat siswa kesulitan belajar matematika materi sudut. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakankan bentuk penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas IV dan guru matematika kelas IV MI Tarbiyatus Sa?adah serta orang tua dari masing-masing siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis dalam menganalisis data menggunakan model yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jenis kesulitan belajar yang dialami siswa adalah terdiri dari kesulitan membaca dan memahami soal, kesulitan transformatif dan memproses, serta kesulitan menuliskan jawaban akhir. Ketiga kesalahan tersebut memiliki gambaran yang berbeda ketika siswa menjawab soal pertanyaan yang diberikan oleh guru saat pembelajaran dikelas. Sedangkan faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi motivasi, minat, dan rasa percaya diri. Sedangkan faktor eksternal meliputi faktor lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.} }