@thesis{thesis, author={Izzah Zulis Nurul}, title ={ANALISIS PENYEBAB KURANGNYA KEMAMPUAN BERHITUNG PADA MATERI KPK DAN FPB SISWA KELAS V SDN CANDITUNGGAL}, year={2024}, url={http://repository.umla.ac.id/4507/}, abstract={Kemampuan berhitung merupakan keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu faktor yang menyebabkan kurangnya kemampuan berhitung siswa sekolah dasar adalah kurangnya pemahaman konsep dan penghafalan operasi hitung, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Kemampuan berhitung ini sangat penting untuk membantu siswa dalam mempelajari materi lanjutan seperti Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dalam matematika. Untuk mengatasi hal tersebut, guru perlu menerapkan metode pembelajaran yang variatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kurangnya kemampuan berhitung siswa pada materi KPK dan FPB serta upaya guru dalam mengatasi penyebab tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SDN Canditunggal. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data model Miles and Huberman serta menggunakan kombinasi triangulasi teknik dan triangulasi sumber untuk mengecek keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 8 dari 11 siswa memiliki kemampuan berhitung yang kurang pada materi KPK dan FPB. Hal ini disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi kurangnya pemahaman dasar operasi hitung perkalian dan pembagian serta penguasaan yang kurang baik pada materi KPK dan FPB. Faktor eksternal meliputi kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik, penerapan metode pembelajaran yang monoton, ketergantungan pada buku LKS saja, dan kurangnya keterlibatan orang tua di rumah. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi masalah tersebut meliputi penerapan pendekatan berpusat pada siswa, penggunaan media menarik, metode variatif, sumber pembelajaran tambahan, dan peningkatan keterlibatan orang tua. Sesuai dengan penerapan upaya tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada siswa kelas V pada materi KPK dan FPB di SDN Canditunggal.} }