@thesis{thesis, author={Nurhidayat M. Arif}, title ={ANALISIS SIKAP TOLERANSI SISWA SDN 1 BALUN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA (DITINJAU DARI DIMENSI BERKEBHINEKAAN GLOBAL)}, year={2024}, url={http://repository.umla.ac.id/4508/}, abstract={Pendidikan tidak hanya mempelajari materi ilmu pengetahuan tetapi pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam upaya mengembangkan dan mendorong sikap toleransi siswa terhadap keberagaman. Keberagaman yang dimiliki oleh siswa membuat dapat memunculkan sikap intoleransi pada diri siswa. Oleh karena itu dibutuhkan sikap toleransi untuk mencegah munculnya sikap intoleransi pada diri siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui sikap toleransi siswa dalam menyikapi keberagaman yang dimiliki oleh siswa lain. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Balun. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan angket. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data model miles Huberman serta menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Indikator sikap toleransi yaitu aspek kedamaian, menghargai perbedaan dan individu serta aspek kesadaran digunakan oleh peneliti untuk melihat sikap toleransi siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu 82 % siswa menyikapi keberagaman dengan mengedepankan sikap toleransi sedangkan 18% kurang memiliki sikap toleransi terhadap keberagaman yang dimiliki oleh siswa lain. Implementasi kurikulum merdeka terutama dalam profil pelajar Pancasila pada dimensi berkebhinekaan global yang sudah diterapkan di SD Negeri 1 Balun berperan sangat penting dalam menguatkan sikap toleransi siswa dalam menyikapi keberagaman. Melalui kurikulum merdeka dalam implementasi dimensi berkebhinekaan global dapat memperkuat sikap toleransi siswa dalam menyikapi keberagaman agama, suku, budaya maupun sosial. Implementasi dimensi berkebhinekaan global dilaksanakan oleh pihak sekolah dengan mengadakan kegiatan yang memperkuat sikap toleransi siswa yaitu kunjungan ke rumah ibadah agama islam, kristen dan hindu, mengadakan kegiatan buka puasa bersama serta paska pelajar dengan mengikutsertakan semua siswa dan mengadakan kegiatan pentas seni untuk mengenalkan serta memperkuat sikap toleransi siswa terhadap keberagaman.} }