@thesis{thesis, author={Mappanyokki M}, title ={UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MENGGUNAKAN BOLA MENGGANTUNG PADA MURID KELAS V SDN 245 TEBOE}, year={2021}, url={http://repository.umpalopo.ac.id/1278/}, abstract={Mappanyokki. 2021. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Menggunakan Bola Menggantung Pada Murid Kelas V Sdn 245 Temboe. Skripsi. Program Studi Pendidikan Jasmani. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Palopo. (Pembimbing I Firmansyah Dahlan dan Pembimbing II M. Iqbal Hasanuddin). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah. Pelaksanaan penelitian ini mengikuti tahapan-tahapan penelitian tindakan kelas yang terdiri dua (2) siklus, setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli dengan menggunakan media bola menggantung pada murid kelas V (lima) SDN 245 Temboe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media bola menggantung dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli pada murid kelas V (lima) SDN 245 Temboe. Hal ini dapat dilihat perolehan hasil belajar pada Sklus I, dari 15 murid terdapat 9 murid dengan persentase 60,00% dalam kategori ?Tuntas? dan 6 murid dengan persentase 40,00% dalam kategori ?Tidak Tuntas?, dengan rincian 1 murid dengan persentase 6,67% dalam kategori ?Sangat Baik?; 1 murid dengan persentase 6,67% dalam kategori ?Baik?; 7 murid dengan persentase 46,67% dalam kategori ?Cukup?; dan 6 murid dengan persentase 40,00% dalam kategori ?Kurang?. Sedangkan Sklus II, dari 15 murid terdapat 13 murid dengan persentase 86,67% dalam kategori ?Tuntas? dan 2 murid dengan persentase 13,33% dalam kategori ?Tidak Tuntas?, dengan rincian 3 murid dengan persentase 20,00% dalam kategori ?Sangat Baik?; 7 murid dengan persentase 46,67% dalam kategori ?Baik?; 3 murid dengan persentase 20,00% dalam kategori ?Cukup?; dan 2 murid dengan persentase 13,33% dalam kategori ?Kurang?. Kata kunci: passing bawah, bola voli, media bola menggantung.} }