A PHP Error was encountered
Severity: Notice
Message: Undefined offset: 1
Filename: controllers/Document.php
Line Number: 69
Backtrace:
File: /home/rama/public_html/application/controllers/Document.php
Line: 69
Function: _error_handler
File: /home/rama/public_html/index.php
Line: 296
Function: require_once
A PHP Error was encountered
Severity: Notice
Message: Undefined offset: 1
Filename: controllers/Document.php
Line Number: 69
Backtrace:
File: /home/rama/public_html/application/controllers/Document.php
Line: 69
Function: _error_handler
File: /home/rama/public_html/index.php
Line: 296
Function: require_once
A PHP Error was encountered
Severity: Notice
Message: Undefined offset: 1
Filename: controllers/Document.php
Line Number: 69
Backtrace:
File: /home/rama/public_html/application/controllers/Document.php
Line: 69
Function: _error_handler
File: /home/rama/public_html/index.php
Line: 296
Function: require_once
@thesis{thesis,
author={Dr. and Hj. and ISKANDAR },
title ={Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dengan menggunakan metode pembelajaran Otentik (outentic learning) di Kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Tilango Kabupaten Gorontalo},
year={2016},
url={},
abstract={ABSTRAK
ISKANDAR S. DJOU, 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dengan menggunakan metode pembelajaran Otentik (outentic learning) di Kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Tilango Kabupaten Gorontalo. Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hj. Maisara Sunge, SH., MH, dan Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd.
Dalam Penelitian ini ditandai dengan adanya permasalahan-permasalahan yaitu masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di kelas VIII-2 Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Maka hal itu Tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengetahui sejauh mana hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran otentik Outentik learning di kelas VIII-2 Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode pembelajaran otentik (ountentik learning). Dalam hal ini penelitian dilakukan dalam 1 siklus yang terdiri dari 3 kali pertemuan.
Dalam paparannya melihat hasil dari penelitian siklus 1 pertemuan pertama siswa yang tuntas mencapai 68 % atau sebanyak 15 orang siswa artinya masih ada 7 orang siswa atau 32% yang belum mencapai kriteria ketuntasan kemudian untuk perbaikan siklus 1 pertemuan 1 maka diadakan siklus 1 pertemuan II , hasil yang diperoleh dari siklus 1 pertemuan II adalah siswa yang mendapatkan kriteria ketuntasan sebanyak 18 orang atau 82% dan siswa yang belum tuntas sebnyak 4 orang atau 18% .sehingga dapat disimpulkan dengan diadakan siklus 1 pertemuan II sebagai perbaikan dari siklus 1 pertemuan 1 maka hasilnya meningkat yaitu sebanyak 82 % atau 18 orang yang memilki nilai yang sangat baik dari 22 siswa dikelas VIII-2.
Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajran otentik (outentik learning) apabila diterapkan dengan baik maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama di kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Metode Pembelajaran Otentik (outentik learning)
}
}