@thesis{thesis, author={FAUZIAH NURLAILY WAHIZZAH}, title ={Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Home Room Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar MA-ASY Syukuriyah Payaman}, year={2024}, url={https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/7065/}, abstract={Prestasi belajar merupakan tingkat kemanusiaan yang dimiliki oleh setiap siswa dalam menerima, menolak, dan menilai informasi-informasi yang diperoleh dalam proses belajar mengajar. Prestasi belajar merupakan permasalahan yang harus dihadapi di dunia pendidikan. Aspek prestasi memiliki 3 aspek yaitu (1) aspek kognitif, (2) aspek afektif, (3) aspek psikomotorik. Penelitian ini dilakukan di MaAsy-Syukuriyah Payaman dengan sasaran kelas XI, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran efektivitas dari layanan konseling kelompok dengan teknik home room untuk meningkatkan prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian pre eksperimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design. Dengan menggunakan pengumpulan data berupa instrumen prestasi belajar, observasi, wawancara, skala psikologi. Penelitian ini melibatkan 6 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik sampling purposive. Subjek penelitian nantinya akan diberikan treatment konseling dengan teknik home room sebanyak 5 kali pertemuan. Analis data yang digunakan yaitu uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji paired sample t test. Berdasarkan uji paired sample t-test diketahui nilai sig (2tailed) sebesar 0,001 < 0,05 maka menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan treatment. Maka dapat disimpulkan bahwa penelitian konseling kelompok dengan teknik home room terbukti efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.} }