@thesis{thesis, author={WEA Titus Oswin Tue}, title ={Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Materi Pokok Pesawat Sederhana Pada Peserta Didik Kelas VIII C SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018}, year={2017}, url={http://repository.unwira.ac.id/10101/}, abstract={Pendekatan kontekstual adalah pendekatan pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan peserta didik secara penuh untuk dapat menghubungkan materi yang dipelajari dengan situasi nyata sehingga mendorong peserta didik untuk dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan ?untuk menerapkan pendekatan pembelajaran kontekstual materi pokok pesawat sederhana?. Secara spesifik tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan kontekstual 2) mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan pendekatan kontekstual 3) mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan kontekstual 4) mendeskripsikan respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajan dengan menerapkan pendekatan kontekstual. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan subyek penelitian peserta didik kelas VIIIC SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang yang berjumlah 27 orang. Subjek penelitian peserta didik dipilih berdasarkan teknik purposive sampling (sampel bertujuan), ketuntasan Indikator Hasil Belajar (IHB), ketuntasan Hasil Belajar, dan respon peserta didik terhadap pembelajaran. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian perencanaan dan evaluasi pembelajaran, dan lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan pendekatan pembelajaran kontekstual, Tes Hasil Belajar, dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, analisis ketuntasan indikator hasil belajar, analisis ketuntasan hasil belajar, analisis respon peserta didik. Dari hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan pembelajaran kontekstual adalah baik dengan skor rata-rata 3,57. Sebelas indikator hasil belajar yang disiapkan semuanya tuntas dengan rata-rata proporsi ? 0,75. Hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif semuanya tuntas dengan proporsi rata-rata 0,87. Respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran memiliki kategori yang sangat baik dengan persentase rata-rata yang diperoleh 0,98. Dari uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dapat diterapkan dengan baik pada peserta didik kelas VIIIC SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang materi pokok pesawat sederhana.} }