@thesis{thesis, author={NDAJUNG Wilhelmina Natalia}, title ={Pengaruh Pelaksanaan Bimbingan Belajar Menurut Persepsi Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas VIIIG SMP Negeri 2 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017)}, year={2017}, url={http://repository.unwira.ac.id/10136/}, abstract={Judul skripsi: Pengaruh pelaksanaan bimbingan belajar menurut persepsi siswa terhadap motivasi belajar siswa (studi deskriptif kuantitatif pada siswa kelas VIIIG SMP Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pelaksanaan bimbingan belajar menurut persepsi siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas VIIIG SMP Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan bimbingan belajar menurut persepsi siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas VIIIG SMP Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara tertulis. Alat pengumpul data berupa angket. Teknik analisis data menggunakan rumus regresi linear sederhana dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa F hitung = 21,11. Hasil ini lebih besar dari F tabel = 3,33 pada taraf kepercayaan 95% . Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) yang berbunyi tidak ada pengaruh pelaksanaan bimbingan belajar menurut persepsi siswa terhadap motivasi belajar siswa ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh pelaksanaan bimbingan belajar menurut persepsi siswa terhadap motivasi belajar siswa diterima. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian, peneliti memberikan saran kepada: a) Kepala Sekolah, agar terus bekerjasama dengan semua personil sekolah untuk membantu siswa dalam memberi bimbingan belajar sehingga motivasi belajar siswa di sekolah semakin baik. b) Guru (Guru mata pelajaran dan wali kelas) diharapkan untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang memungkinkan meningkatnya motivasi belajar yang positif pada diri siswa sehingga dapat membantu mereka dalam proses belajar. c) Guru BK, diharapkan untuk meningkatkan perannya sebagai pembimbing dan bekerja sama dengan guru mata pelajaran agar dapat membantu siswa dalam memberi bimbingan belajar yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa tersebut. d) siswa, agar siswa diharapkan memanfaat layanan bimbingan belajar di sekolah untuk meningkatkan motivasi belajar} }