DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR OTK HUMAS DAN KEPROTOKOLAN MATERI PERSIAPAN PENYELENGGARAAN PERTEMUAN/RAPAT SISWA KELAS XI OTKP DI SMKN 1 JOMBANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Yuanida Ellen Tamaya (STUDENT ID : 15080314034)
(LECTURER ID : 0010118603)
Subject
Ekonomi 
Datestamp
2022-12-23 14:40:53 
Abstract :
ABSTRAK EFEKTIVITAS MODELPEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAPHASIL BELAJAR OTK HUMAS DAN KEPROTOKOLAN MATERI PERSIAPAN PENYELENGGARAAN PERTEMUAN/RAPAT SISWA KELAS XIOTKP DI SMKN 1 JOMBANG Nama : YuanidaEllen TamayaNim :15080314034Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi PerkantoranJurusan : Pendidikan Ekonomi Fakultas : EkonomiNama Lembaga : Universitas Negeri SurabayaPembimbing : Triesninda Pahlevi, S. Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruh model pembelajaran TalkingStick terhadap hasil belajar siswa kelas XI OTKP di SMKNegeri 1 Jombang pada mata pelajaran OTK Humas dan keprotokolan materi Persiapan PenyelenggaraanPertemuan/rapat. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jombangtahun ajaran 2018/2019.Jenis penelitianini menggunakan desain penelitian eksperimen kuasi (quasi experimental design) dengan bentuk nonequivalent control groub design. Populasi dalam penelitian ini adalahseluruh kelas XI OTKP 1 dan XI OTKP 2, dimana kelas XI OTKP 1 sebagai kelaseksperimen dan kelas XI OTKP 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yangdigunakan yang digunakan adalah lembar wawancara dan lembar soal. Teknikpengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, dokumentasi, dan wawancara.Teknik analisis data menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, uji gain score dan uji t(hipotesis). Hasil penelitianini menunjukan bahwa ketuntasan belajar siswa pada kelas eksperimen dinyatakan tuntas100% secara klasikal, sedangkan pada kelas kontrol dinyatakan tuntas 80% secaraklasikal. Nilai rata-rata pretestkelas eksperimen adalah sebesar 69,67, sedangkan pada kelas kontrol sebesar71,5. Nilai rata-rata posttest kelaseksperimen adalah sebesar 87,11, sedangkan pada kelas kontrol adalah sebesar82,75. Berdasarkan hasilanalisis uji-t nilai posttest, diperoleh nilai thitung sebesar 3.428 dengan taraf signifikasi sebesar 001 (0,001). Sedangkan nilai ttabel sebesar1,997. Sehingga dapat disimpulkanbahwa H0 ditolak dan Ha diterimakarena t-test < 0,05 dan thitung >ttabel yaitu 3.428 > 1,997. Sedangkan Hasil analisisselisih antara nilai pretest dannilai posttes dengan thitung 3,688dengan taraf signifikansi ,000. Sedangkan nilai ttabel sebesar 1,997 dengan taraf signifikan0,05. Sehingga disimpulkan bahwa , H0ditolak dan Ha diterima itu disebabkan t-test < 0,05 yakni,000 < 0.05 dan thitung (3,688) > ttabel (1,997). Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapatpengaruh model pembelajaran Talking Stickterhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran OTK Humas dan Keprotokolankelas XI OTKP di SMK Negeri 1 Jombang, dimana hasil belajar siswa yangmenggunakan model pembelajaran TalkingStick lebih tinggi dari pada hasil belajar kelas kontrol. KataKunci : Model Pembelajaran Talking Stick,Hasil Belajar.  

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya