Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
NOVRIMA WAHYU DANARSASI (STUDENT ID : 19040674106)
(LECTURER ID : 0021056804)
Subject
Ilmu Sosial dan Hukum
Datestamp
2022-12-23 14:48:34
Abstract :
Pariwisata di Indonesia merupakan sektor ekonomi penting. Kabupaten Mojokerto memiliki potensi wisata menarik dan layak dijadikan sebagai destinasi pariwisata. Adanya covid-19 menghambat perkembangan pariwisata dan pertumbuhan perekonomian di sektor pariwisata. Berdasarkan permasalahan yang ada, Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Mojokerto berupaya membuat strategi untuk menyikapi dampak pandemi covid-19 dalam sektor pariwisata. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengkaji tentang Manajemen Strategi Pariwisata dalam Ketahanan Perekonomian Pada Masa Pandemi Oleh Dinas Pariwisata, Kepemudaan, Dan Olahraga Kabupaten Mojokerto. Fokus penelitian yang digunakan ialah teori Fred. R. David, (2011) tentang tahapan Strategic Management yakni perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dengan tahapan data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian pada aspek perumusan strategi sudah cukup baik, meskipun terdapat beberapa kelemahan. Pada implementasinya pengelola diberikan pelatihan dan pembinaan untuk meningkatkan keterampilan. Di masa pandemi objek wisata sempat dibuka, strategi yang dibuat Disparpora dan Ubalan yakni penerapan dan pengawasan protokol kesehatan ketat, promosi wisata, serta pemanfaatan IT dan media yang sudah cukup baik. Tetapi konten di media sosial Ubalan masih sedikit. Pada tahap evaluasi, implementasi strategi perlahan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan meskipun belum maksimal, karena kuota pengunjung objek wisata masih dibatasi. Saran yang diberikan yakni mengembangkan konten media sosial Ubalan, mensosialisasikan Tourism Information Center, melakukan pelatihan rutin dan menerapkan reward and punishment, serta membuat strategi pemasaran online.Kata Kunci: Manajemen Strategi, Pariwisata, Disparpora