Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Hilda Nur Widyawati (STUDENT ID : 15010044033)
(LECTURER ID : 0003028102)
Subject
Ilmu Pendidikan
Datestamp
2022-12-23 14:39:01
Abstract :
Kemampuan dailyliving skills(DLS) pada anak autis masih kurang dalam aspek memasang dasi, mengancingkanbaju, menresleting jaket dan celana, memasang tali maupun perekat sepatu, sertafungsi kemandirian umum lainnya, karena dalam pembelajaran metode dan mediapembelajaran yang digunakan kurang menarik minat anak autis. Untuk melatihkemampuan daily living skills (DLS) dapat dengan mengalihkan perhatiananak dengan sesuatu hal yang menarik perhatian anak melalui hal-hal yangdisukai oleh anak autisme sehingga dapat meningkatkan kemampuan daily living skills (DLS). Berkaitandengan hal tersebut kemampuan daily living skills (DLS) anak autis di TKMentrai Schoool Sidoarjo perlu dioptimalkan dengan menggunakan metode AppliedBehavior Analys (ABA) bermediaquiet book. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode AppliedBehavior Analys (ABA) bermediaquiet book terhadap kemampuan daily living skills (DLS) anakautis di TK Mentari School Sidoarjo. Pendekatanpenelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenispenelitian pre-eksperimental design dengan rancangan penelitian onegroup pre-test dan post-test. Teknik statistik yang digunakan dalammenganalisis data adalah dengan menggunakan wilcoxon matched pairs test.Teknik pengumpulan data berupa test dan observasi. Dalam penilitian ini, hasilpenelitian menu njukkan bahwa T = 0 sama dengan nilai krisis T (tabel) 5% ( pengujiandua sisi ) yaitu 2 berarti T T, yang dapat diartikan bahwa ada pengaruh metode Applied Behavior Analys (ABA) bermedia quiet book terhadap kemampuan dailyliving skills(DLS) anak autis di TK Mentari School Sidoarjo.Kata Kunci : Metode ABA, media QuietBook, kemampuan daily living skills (DLS), autis.