DETAIL DOCUMENT
STRATEGI AKOMODASI KOMUNIKASI DALAM INTERAKSI GURU-SISWA DI KELAS BAHASAINGGRIS TINGKAT MENENGAH
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
ALMAS RIZKIKA NABILA (STUDENT ID : 18070835005)
(LECTURER ID : 0004087605)
Subject
Pascasarjana 
Datestamp
2022-12-23 14:43:53 
Abstract :
Nabila, Almas Rizkika. 2020.Strategi Akomodasi Komunikasi dalam Interaksi Guru-Siswa di Kelas BahasaInggris Tingkat Menengah. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra,program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Ahmad Munir,Ph.D., dan (II) Syafiul Anam, Ph.D.Kata kunci: Strategi akomodasikomunikasi, konvergensi, divergensi, motif, persepsiPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanstrategi akomodasi komunikasi dalam interaksi guru dan siswa, untuk mengetahuimotif atau alasan mengapa guru menggunakan strategi tersebut di dalam kelasdaring, dan mengungkap persepsi siswa tentang strategi yang digunakan oleh gurudi kelas bahasa Inggris tingkat menengah.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menelitifenomena interaksi yang dilakukan oleh guru dalam situasi kelas daring. Datayang digunakan adalah ucapan dari guru sekaligus partisipan dalam prosesbelajar dan mengajar. Selain itu, 22 siswa tingkat SMA menjadi partisipan laindalam penelitian untuk menyampaikan persepsi mereka tentang strategi akomodasiyang digunakan oleh guru di kelas. Metode observasi, wawancara dan kuesioner terbukadilakukan untuk mengumpulkan data selama tiga bulan dari bulan April sampaiJuni 2020.Temuan dari penelitian ini yaitu (1) strategiakomodasi komunikasi berupa konvergensi dan divergensi digunakan oleh guru didalaminteraksi kelas bahasa Inggris. Guru melakukan 12 dari 13 fitur strategikonvergensi dan 5 dari 7 fitur strategi divergensi untuk mengakomodasi siswadalam interaksi kelas daring, (2) ada sekurangnya 7 alasan guru ketikamenggunakan strategi tersebut dalam interaksi guru dan siswa meliputi 4 motifafektif dan 3 motif kognitif, (3) siswa memiliki persepsi yang lebih positifdaripada persepsi negatif ketika guru melakukan strategi akomodasi komunikasidi kelas daring.Sebagai kesimpulan,penggunaan strategi akomodasi komunikasi oleh guru dalam interaksi kelas bahasaInggris secara daring telah berhasil diterapkan. Hal tersebut dibuktikan bahwasiswa lebih banyak memiliki persepsi positif daripada persepsi negatif dalaminteraksi kelas bahasa Inggris. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya