Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
MAHENDRA GALIH SAPUTRA, NIM. 10420023
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2022-03-02 03:18:02
Abstract :
Mahendra Galih Saputra, Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab di
Program Takhasus Baca Kitab Kuning Kelas X MA Unggulan Al-Imdad Pandak
Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN
Sunan Kalijaga Yogyakarta 2014.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen
pembelajaran bahasa Arab di program takhasus baca kitab kuning kelas X MA
Unggulan Al-Imdad yang ditinjau dari fungsi manajemen pembelajaran bahasa Arab.
Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan konstribusi pemikiran atau informasi
bagi lembaga pendidikan, bagi pihak-pihak yang memiliki tanggung jawab pendidikan
baik guru, kepala sekolah maupun siswa untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
bahasa Arab.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil latar di MA
Unggulan Al-Imdad Pandak Bantul Yogyakarta. Rancangan penelitian yang
digunakan adalah rancangan deskriptif analitik, yaitu dengan menjelaskan,
menafsirkan serta mengklarifikasikan dan membandingkan fenomena-fenomena.
Subjek penelitian adalah guru pembimbing program takhasus baca kitab kuning kelas
X, siswa-siswi kelas X MA Unggulan Al-Imdad yang berjumlah 11 siswa, dan
karyawan serta kepala sekolah MA Unggulan Al-Imdad Pandak Bantul Yogyakarta.
Instrument dalam penelitian ini berupa pedoman observasi, pedoman analisis
dokumen, dan pedoman wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran bahasa Arab di
program takhasus baca kitab kuning kelas X MA Unggulan Al-Imdad Pandak Bantul
Yogyakarta, bersifat terbuka dan demokratis karena komponen fungsi-fungsi
manajemen sudah terpenuhi, yang terdiri dari perencanaan, penggorganisasian,
pengimplementasian dan pengawasan. Pendekatan serta strategi pembelajaran yang
diterapkan dapat menumbuhkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.
Lingkungan yang telah disediakan oleh sekolah dengan sistem full day school
membantu siswa lebih fokus dalam pembelajaran bahasa Arab di program takhasus
baca kitab kuning kelas X dan adanya guru-guru yang berkompeten dalam bidang
baca kitab kuning di MA Unggulan Al-Imdad Pandak Bantul Yogyakarta menjadikan
pembelajaran lebih maksimal dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang
diinginkan. Adapun kekurangannya adalah belum adanya silabus dan RPP yang baku
dalam pembelajaran bahasa Arab di program takhasus baca kitab kuning dan fasilitas
pembelajaran yang minimum membuat pembelajaran bahasa Arab di program
takhasus kelas X masih menggunakan pembelajaran yang manual.