DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KEBUTUHAN, PERSONAL SELLING, DAN KEMUDAHAN MENDAPATKAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN ANGGOTA DALAM PENGAMBILAN PEMBIAYAAN MURĀBAḤAH DI BMT UMMAT WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
SANDI RAFLESIANI ALWI , NIM. 10390139
Subject
Keuangan Islam 
Datestamp
2014-07-07 08:03:43 
Abstract :
Mendominasinya akad pembiayaan membuat lembaga keuangan syariah, khususnya BMT berlomba-lomba mengoptimalkan segala kemampuannya guna memperoleh anggota sebanyak mungkin. Di sisi lain, dalam memenuhi kebutuhannya, calon anggota mempunyai banyak pertimbangan sebelum memutuskan untuk mengambil pembiayaan murābaḥ ah pada suatu lembaga keuangan tertentu. Keputusan pengambilan pembiayaan murābaḥ ah dipengaruhi oleh beberapa faktor. Oleh karena itu, penting bagi BMT untuk mengetahui faktorfaktor apa saja yang dapat mempengaruhi keputusan pengambilan pembiayaan murābaḥ ah tersebut. Sehingga dapat dijadikan bahan referensi dalam menentukan strategi-strategi guna mendapatkan dan mempertahankan para anggotanya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa faktor yang mempengaruhi keputusan anggota dalam mengambil pembiayaan murābaḥ ah di BMT UMMAT Wonosari Gunungkidul. Faktor yang diuji yaitu faktor kebutuhan, personal selling (penjualan pribadi), dan kemudahan mendapatkan produk. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara accidental sampling, serta pengumpulan data diperoleh dengan cara menyebar angket/kuesioner. Analisa data menggunakan metode Regresi Linier Berganda, yaitu analisis untuk mengetahui tingkat pengaruh variabel independen (kebutuhan, personal selling, dan kemudahan mendapatkan produk) terhadap variabel dependen (keputusan pengambilan pembiayaan murābaḥ ah/keputusan pembelian). Kesimpulan dalam penelitian ini, secara simultan, faktor kebutuhan, personal selling, dan kemudahan mendapatkan produk berpengaruh positif terhadap keputusan anggota dalam pengambilan pembiayaan murābaḥ ah. Sedangkan secara parsial, faktor kebutuhan berpengaruh positif, namun faktor personal selling tidak berpengaruh, dan faktor kemudahan mendapatkan produk juga tidak berpengaruh terhadap keputusan anggota dalam pengambilan pembiayaan murābaḥ ah di BMT UMMAT Wonosari Gunungkidul.  
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga