Abstract :
Ahalana Darol Moqomah, Analisis Kontrastif Terhadap Fonem Bahasa Arab
dan Bahasa Jawa Serta Implikasinya Dalam Pengajaran Bahasa Arab. Skripsi.
Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN
Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014.
Setiap bahasa memiliki fonem yang berbeda antara satu sama yang lainnya,
begitupun antara bahasa Arab dan bahasa Jawa. Perbedaan fonem ini sering sekali
menimbulkan inteferensi di dalam pembelajaran bahasa Arab bagi siswa Jawa serta
menimbulkan kesalahan dalam berbahasa.
Penelitian ini difokuskan pada fonem vokal dan konsonan dalam bahasa Arab dan
bahasa Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan fonem bahasa Arab dan
bahasa Jawa, menganalisis persamaan dan perbedaannya, memprediksi kesulitankesulitannya
serta mencari solusinya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research). Dan
metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kontrastif berbahasa, yaitu
mendeskripsikan fonem bahasa Arab dan bahasa Jawa, membandingkan system fonemis
kedua bahasa tersebut, memprediksi kesulitan yang dilakukan siswa Jawa dalam belajar
bahasa Arab, mengurutkan bahan pengajaran dan mengurutkan cara untuk penyampaian
bahan pengajaran.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa vokal bahasa Arab ada enam yang terbagi
kedalam vokal pendek dan vokal panjang.Vokal pendek terdiri dari a, i, u dan vokal
panjang terdiri dari ?, ? dan ?. Sementara vokal bahasa Jawa ada enam, yaitu a, i, u, e, ?
dan o. Dari kedua fonem vokal bahasa Arab dan bahasa Jawa memiliki kesamaan yang
cukup besar, bedanya hanya dalam vokal panjangnya, dimana dalam bahasa Jawa tidak
ada vokal panjang. Untuk konsonan dalam bahasa Arab ada dua puluh delapan, yaitu / ,/?
,/?/ ,/?/ ,/?/ ,/?/ ,/?/ ,/?/ ,/?/ ,/?/ ,/?/ ,/?/ ,/?/ ,/?/ ,/?/ ,/?/ ,/?/ ,/?/ ,/?/ ,/?/ ,/?/ ,/?/ ,/?/
?/ ,/?/ ,/?/ ,/?/ ,/?/ ,/?/ /. Dan konsonan dalam bahasa Jawa ada dua puluh tiga, yaitu /p/, /b/,
/m/, /f/, /w/, /t/, /d/, /n/, /l/, /r/, /?/, /?/, /s/, /z/, /c/, /y/, /h/, /?/, /ñ/, /j/, /g/, /k/ dan /?/.
Konsonan bahasa Arab yang berbeda dengan bahasa Jawa adalah / ,/?/ ,/?/ ,/?/ ,/?/ ,/?/ ,/?
?/ ,/?/ ,/?/ ,/?/ ,/?/ ,/?/ ,/?/ ,/?/ ,/?/ ,/?/ ,/?/ ,/?/ / dan yang lainnya sama. Dari
perbedaan ini diprediksikan siswa Jawa akan mengalami kesulitan ataupun kesalahan
dalam mengucapakan fonem yang berbeda itu. Berdasarkan perbandingan ini, maka
pengajaran fonem bahasa Arab bagi siswa Jawa dimulai dari fonem-fonem yang memiliki
kesamaan dan dilanjutkan kefonem yang memiliki perbedaan. Implikasi analisis
kontrastif ini dalam pengajaran bahasa Arab diantaranya: penggunaan bahasa ibu sebagai
mediator dalam pengajaran bahasa Arab, bahan pengajaran disusun berdasarkan hasil
perbandingan, butir-butir yang berbeda antara B1 dan B2 dilatih secara intensif .Adapun
metode yang bisa digunakan dalam penyampaian bahan pengajaran ini adalah metode
fonetik dan kedwibahasaan.