Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
MUKHLASHIN , NIM. 10410048
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2014-12-05 07:24:07
Abstract :
MUKHLASHIN. Pengembangan “40 Strategi dan Metode Pembelajaran
Rasulullah†Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di
Panti Asuhan Daarus Selamat Sleman. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama
Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan
Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah Rasulullah saw
merupakan panutan yang utama bagi para umatnya dan tidak terkecuali dalam
bidang pendidikan agama islam. Pembelajaran Rasulullah saw merupakan
pembelajaran yang sempurna dan dapat diterapkan dalam keadaan yang
bagaimanapun. Peneliti menggunakan metode pembelajaran Rasulullah saw untuk
meningkatkan motovasi belajar Pendidikan Agama Islam di Panti Asuhan
“Daarus Selamat†Sleman. Dengan rujukan buku yang di tulis oleh Abd Al-Fatah
Abu Ghuddah dengan judul 40 Strategi dan Metode Pembelajaran Rasulullah
saw. Yang menjadi pokok penelitian ini adalah bagaimana pengembangan metode
pembelajaran Rasulullah saw yang disesuaikan dengan keadaan panti asuhan, dan
metode tersebut diterapkan guna meningkatkan motivasi belajar pendidikan
agama islam di panti asuhan Daarus Selamar Sleman.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Panti
Asuhan Daarus Selamat Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan cara
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan mencari serta
menyusun secara sistematis data-data yang diperoleh dari observasi, wawancara,
catatan lapangan, dokumentasi serta bahan-bahan lain.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengembangan Metode Pembelajaran
Rasulullah saw di Panti Asuhan Daarus Selamat Sleman adalah mengembangkan
dengan melihat keadaan santri dan lingkungan panti asuhsan. Bentuk dari
pengembangan metode pembelajaran Rasulullah saw menggunakan bahasa yang
mudah di mengerti santri, seperti menggunakan bahasa sehari-hari, menggunakan
tebak-tebakan, cerita yang menarik, menggambar dan semua diselingi dengan
lelucon atau canda gurau. (2) Dampak dari pengembangan metode pembelajaran
Rasulullah saw dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di
Panti Asuhan Daarus Selamat Sleman adalah santri merasa senang dalam proses
pembelajaran PAI, mencintai mata pelajaran PAI, tidak cepat bosan dengan
pembelajaran PAI, selalu semangat dalam pembelajaran, senang dalam
mengerjakan tugas yang diberikan oleh pengajar dan semangat unruk mengikuti
lagi pembelajaran selanjutnya pada hari yang lain.