Institusion
Universitas Lampung
Author
YULIUS RESTADI KURNIAWAN, (0853024057)
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2016-03-03 08:14:35
Abstract :
ABSTRAK
Selama ini asesmen siswa pada SMK Kesehatan Nurul Islam Husada di
Kabupaten Lampung Selatan masih didominasi oleh tes yang belum divalidasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur validitas, tingkat kesukaran, daya beda,
efektifitas pengecoh, dan reliabilitas soal ujian semester ganjil Biologi kelas XI
pada SMK Kesehatan Nurul Islam Husada. Dengan teknik purposive sampling
diperoleh soal ujian semester ganjil Biologi SMK Kesehatan Nurul Islam Husada.
Metode pengumpulan data dengan dokumentasi. Analisis kuantitatif pada soal
pilihan jamak menggunakan program ITEMAN versi 3.50 dan SPSS versi 16.0.
Validitas dari 40 butir soal soal ujian semester ganjil Biologi kelas XI pada SMK
Kesehatan Nurul Islam Husada Lampung Selatan tahun pelajaran 2015/2016
diketahui sebanyak 8 butir soal atau 20% valid, sedangkan 32 butir soal atau 80%
tidak valid. Dengan kriteria sebanyak 2,5% soal memiliki validitas tinggi, 10%
soal memiliki validitas sedang, dan 7,5% memiliki validitas rendah. Tingkat
kesukaran soal diketahui sebanyak 5% sangat sukar, 30% sukar, 45% sedang, dan
20% mudah. Daya beda soal diketahui sebanyak 20% rendah, 42,5% sedang dan
37,5% tinggi. Sebanyak 80% pengecoh berfungsi, sedangkan 20% pengecoh tidak
berfungsi. Nilai reliabilitas soal adalah 0,584 artinya soal cukup reliabel.
Analisis kualitatif soal pilihan jamak sesuai dengan materi, konstruksi dan
bahasa tetapi terdapat beberapa soal yang perlu diperbaiki. Berdasarkan
penelitian disimpulkan perlu dilakukan perbaikan pada sebagian besar soal.
Kata kunci : identifikasi soal, program ITEMAN versi 3.50