Abstract :
ABSTRAK
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada
pelajaran IPA kelas V SD Negeri 2 Negara ratu Kecamatan Natar Lampung Selatan
Tahun Pelajaran 2015/2016, dengan KKM 66 siswa yang tuntas mencapai 24%.
Selebihnya belum tuntas.Tujuan penelitian meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa dengan model Cooperative Learning tipe STAD. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini,
terdiri atas dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data menggunakan
kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model
Cooperative Learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa. Hal ini ditunjukkan berdasarkan peningkatan persentase aktivitas siswa.
Pada siklus I sebesar 79.2, kategori aktif, meningkat sebesar 3. 7 pada siklus
II sebesar 82, 9, kat egor i akt if. Ket unt asan hasil belajar siswa, pada
siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 68.4, pada siklus II meningkat
sebesar 4,4 menjadi 72.8. Persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I
mencapai sebesar 72 %, meningkat menjadi 88% pada siklus II.
Kata kunci: Akivitas, Hasil belajar, model Cooperative Learning tipe STAD