Abstract :
ABSTRAK
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas V B
SD Negeri 10 Metro Pusat yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas sebesar
63,78, sedangkan KKM yang ditentukan yaitu 66. Tujuan penelitian ini adalah
untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa dengan menerapkan model
cooperative learning tipe course review horay. Penelitian ini menggunakan
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan tahapan
setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik
pengumpulan data menggunakan non tes dan tes. Alat pengumpul data
menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan
analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan model cooperative learning tipe course review horay dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil
belajar siswa siklus I adalah 67,72 dan siklus II menjadi 74,58, meningkat sebesar
6,86. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I sebesar 59,09% dengan
kategori ?cukup tinggi? dan siklus II menjadi 77,27% dengan kategori ?tinggi?
meningkat sebesar 18,18%.
Kata kunci: course review horay, hasil belajar, PKn.