Institusion
Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Author
Novrianti, Qoriah
Widaryati, Widaryati
Subject
L Education (General)
Datestamp
2017-12-30 02:09:36
Abstract :
Latar Belakang : Kesehatan reproduksi remaja putri merupakan bagian dari
kesehatan wanita yang membutuhkan perhatian khusus. Tidak tersedianya
informasi yang benar menyebabkan remaja mengeksplorasi informasi melalui
berbagai media sehingga akan berdampak pada munculnya masalah kesehatan
reproduksi. Salah satu solusinya dengam memberikan pendidikan kesehatan
melelui media yang tepat.
Tujuan : Untuk mengetahui perbedaan perilaku dalam menanggapi perubahan
sistem reproduksi setelah diberi pendidikan kesehatan melalui metode ceramah
dan peer education.
Metode Penelitian : Penelitian pre experimental dengan rancangan one group
pretest postest designs, dengan subyek penelitian siswi kelas VII berjumlah 52
responden yang diberi perlakuan metode ceramah dan peer education. Instrumen
penelitian yang digunakan yaitu kuisioner pengetahuan, sikap dan tindakan.
Analisa data menggunakan uji paired t-test dan wilcoxon untuk mengetahui
perbedaan sebelum dan sesudah diberi perlakuan, serta uji mann whitney dan
independen sample test untuk mengetahui perbedaan antara dua kelompok
perlakuan.
Hasil penelitian : Terdapat perbedaan bermakna pengetahuan sesudah perlakuan
ceramah dan peer education (p=0,008), tidak terdapat perbedaan bermakna pada
sikap dan tindakan sesudah perlakuan ceramah dan peer education (p=0,616 dan
p=0,714).
Kesimpulan dan saran : Metode ceramah lebih efektif untuk meningkatkan
pengetahuan, namun peer education tidak efektif untuk meningkatkan sikap dan
tindakan. Penelitian ini menyarankan agar ditingkatkan pemberian informasi
secara berkala menggunakan metode ceramah untuk meningkatkan pengetahuan
sebagai upaya preventiv agar terhindar dari masalah kesehatan.