Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya keterlibatan suatu tim kerja untuk membantu public relations dalam membuat suatu event atau acara. Tim kerja merupakan kelompok pekerja yang berasal dari berbagai divisi yang berbeda yang berkumpul lalu mengatur dan menyelesaikan sejumlah tugas secara bersama-sama dalam menangani suatu proses dalam organisasi. Salah satu faktor penting yang dapat menjadi penentu kualitas dari sebuah tim adalah dinamika komunikasi yang terjadi di dalamnya. Dinamika komunikasi pada sebuah tim atau kelompok kecil merujuk pada interaksi tatap muka dan pertukaran informasi yang terjadi antar anggota, dalam melakukan tugas pribadi, melengkapi kebutuhan personal dan mencapai tujuan bersama.
Groupthink merupakan teori yang dipakai sebagai acuan dasar untuk meneliti dinamika komunikasi tim kerja public relations Hotel Jayakarta Lombok dalam rangka perencanaan event malam pergantian tahun baru 2013. Peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam agar peneliti dapat menemukan fakta-fakta yang tidak terlihat, namun dirasakan oleh anggota tim, seperti groupthink theory yang memang berfokus pada hal-hal yang dirasakan dan dipikirkan oleh anggota tim pada saat bekerja dan berdiskusi dengan timnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika komunikasi tim kerja public relations Hotel Jayakarta Lombok dalam rangka perencanaan event malam pergantian tahun baru 2013 mengalami adanya beberapa kondisi groupthink yang menyebabkan beberapa anggota tim lebih memilih untuk diam dibandingkan mengemukakan pendapatnya saat rapat berlangsung. Meskipun begitu, tidak semua kondisi dan gejala yang dipaparkan dalam teori terjadi saat rapat. Pada dasarnya, semua anggota tim tetap saling menjaga keutuhan
tim dengan saling mengisi dan tidak ada yang mendominasi. Segala tugas yang diberikan oleh ketua tim, didiskusikan bersama, dicari jalan keluar yang terbaik dan dilaksanakan sesuai dengan tugas departemen masing-masing.