DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN ANTARA BERPIKIR POSITIF DENGAN STRES AKADEMIK PADA SISWA SMA BILINGUAL
Total View This Week0
Institusion
Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Author
Far’ah, Eti
Subject
BF Psychology 
Datestamp
2021-03-22 03:10:56 
Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara berpikir positif dengan stres akademik pada siswa SMA bilingual. Bilingual merupakan kemampuan menggunakan dua bahasa atau lebih. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif antara berpikir positif dengan stres akademik pada siswa SMA bilingual. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA yang bersekolah di SMA dengan dua bahasa pengantar sebanyak 102 siswa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala stres akademik dan skala berpikir positif. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik korelasi product moment. Hasil koefisien korelasi (rxy) = -0,572 dan p = 0,001 (p ? 0,01). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan yang negatif antara berpikir positif dengan stres akademik pada siswa SMA bilingual. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa kontribusi berpikir positif terhadap stres akademik siswa SMA bilingual memiliki sumbangan efektif sebesar 32,8%. 
Institution Info

Universitas Mercu Buana Yogyakarta