DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN ANTARA CUSTOMER EXPERIENCE DENGAN KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA PELANGGAN E-COMMERCE
Total View This Week0
Institusion
Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Author
Siburian, Sanrei
Subject
BF Psychology 
Datestamp
2021-04-27 03:25:29 
Abstract :
Pada saat ini marak terjadi kejahatan perdagangan melalui internet sehingga faktor kepercayaan menjadi hal yang sangat penting dalam transaksi online shopping (e-coomerce). Oleh karena itu faktor kepercayaan (trust) pelanggan terhadap produsen menjadi faktor kunci dalam e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara costumer experience dengan kepercayaan konsumen pada pelanggan transaksi online (e-commerce). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 60 orang pengguna layanan transaksi online, berusia 18-30 tahun, dan berdomisili di Daerah Istimewa Yogyakarta. Cara menentukan responden menggunakan metode simple random sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan dua skala, yaitu skala costumer experience dan kepercayaan konsumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment. Hasil uji korelasi menunjukkan koefisien korelasi (rxy) sebesar -0.383 dengan taraf signifikansi p=0.001 (p<0.050), maka dapat disimpulkan bahwa hasil hipotesis dari penelitian ini yaitu ada hubungan negatif antara costumer experience dengan kepercayaan konsumen. Hubungan negatif memiliki arti bahwa semakin tinggi costumer experience maka semakin rendah kepercayaan konsumen, dan semakin rendah costumer experience maka semakin tinggi kepercayaan konsumen. 
Institution Info

Universitas Mercu Buana Yogyakarta