Institusion
Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Author
Nurmutaqin, Luthfan Zihni
Subject
BF Psychology
Datestamp
2021-04-05 03:11:56
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Intensitas menonton tayangan konten kemanusiaan di instagram dengan Perilaku Prososial pada remaja madya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif, data berupa skor diambil menggunakan skala pada kedua variabel, skala Intensitas menonton tayangan konten kemanusiaan di instagram dan skala Perilaku Prososial. Analisis data yang digunakan di dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis product moment dari Pearson dengan menggunakan program komputer SPSS versi 23.0 for Windows. Hasil analisis korelasi product moment dari Pearson antara kedua variabel menghasilkan (r) sebesar 0,178 dengan (p) taraf signifikansi sebesar 0,062 (p > 0,05%) yang berarti tidak ada korelasi atau hubungan antara variabel Perilaku Prososial dengan variabel Intensitas menonton tayangan konten kemanusiaan di instagram. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara Intensitas menonton tayangan konten kemanusiaan di instagram dengan Perilaku Prososial pada remaja madya, sehingga berdasarkan pada hasil teknik analisis product moment yang dilakukan di atas menunjukan bahwa hipotesis pada penelitian ini ditolak. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi Perilaku Prososial pada setiap individu sehingga tayangan yang bersifat prososial di instagram kemungkinan besar bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi Perilaku Prososial pada seseorang. Sehingga Perilaku Prososial yang terjadi pada subjek di dalam penelitian ini bisa dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain yang tidak diketahui dan tidak dilakukan di dalam penelitian ini.