DETAIL DOCUMENT
GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TENTANG PELAYANAN INFORMASI OBAT DI PUSKESMAS SLEROK KOTA TEGAL
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Harapan Bersama
Author
Aprilia, Trimustika
Subject
RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine 
Datestamp
2022-11-25 09:19:31 
Abstract :
Pelayanan Informasi Obat merupakan penyediaan dan pemberian informasi yang dilakukan oleh apoteker kepada dokter, perawat profesi kesehatan lainnya serta pasien dan pihak lain di luar rumah sakit. Kepuasan merupakan suatu hal yang berkaitan dengan perasaan atau kecewa seseorang yang berkaitan dengan kinerja dari suatu produk atau jasa yang dihasilkan.Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat di Puskesmas Slerok Kota Tegal. Metode penelitian ini mengunakan metode deskriptif kuantitatif dengan 92 pasien sebagai responden yang diperoleh menggunakan teknik purposive sampling, sampel yang terlibat ditentukan berdasarkan kriteria inklusi. Angket berisikan 20 pertanyaan diberikan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien atau responden terhadap pelayanan informasi obat yang dibedakan menjadi 3 skala yaitu sangat puas (3) puas (2) tidak puas (1). Seluruh data di ambil menggunakan analisis univariat. Hasil analisis terhadap 5 dimensi kepuasan menunjukkan bahwa kepuasan terhadap dimensi kehandalan 2,58, dimensi ketanggapan 2,66, dimensi jaminan 2,79, dimensi empati 2,86 dan dimensi berwujud 2,81. Hasil penelitian terkait kepuasan kategori puas 73 responden (79,3%), kategori sangat puas 17 responden (18,5%), dan tidak puas 2 responden (2,2%). Dapat disimpulkan bahwa pasien merasa puas terhadap pelayanan informasi obat di puskesmas tersebut. 
Institution Info

Politeknik Harapan Bersama