DETAIL DOCUMENT
GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN INFORMASI OBAT PASIEN UMUM DAN BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS KLUWUT KABUPATEN BREBES
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Harapan Bersama
Author
Kanaya, Hilda Putri
Subject
RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine 
Datestamp
2022-12-06 09:55:05 
Abstract :
Pelayanan kefarmasian telah bergeser dari drug oriented menjadi patient oriented. Kepuasan pasien merupakan unsur yang sangat penting, karena jika pasien merasa puas, akan sangat besar kemungkinan untuk menjadi pelanggan dalam waktu yang lama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran tingkat kepuasan Pelayanan Informasi Obat Pasien Umum dan BPJS Kesehatan di Puskesmas Kluwut Kabupaten Brebes. Rancangan penelitian bersifat deskriptif observatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah pasien maupun keluarga pasien yang telah mendapatkan pelayanan informasi obat di Puskesmas Kluwut. Sampel diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin sehingga didapatkan 89 responden pasien umum dan 94 responden pasien BPJS Kesehatan. Jenis data yaitu data primer yang diperoleh dari Kuesioner. Hasil penelitian dilihat dari dimensi Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, dan Tangible. Hasil rata-rata presentase kepuasan dari lima dimensi yaitu 86,13 % pada pasien umum dan 85,65 % pada pasien BPJS Kesehatan, yang artinya masuk dalam kategori sangat puas. Hasil analisis One-way ANOVA menunjukkan lima dimensi kepuasan tidak signifikan antara pasien Umum dengan pasien BPJS Kesehatan. 
Institution Info

Politeknik Harapan Bersama