DETAIL DOCUMENT
GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TENTANG PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS KEDUNGBANTENG KABUPATEN TEGAL
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Harapan Bersama
Author
Lestari, Risma Ayu
Subject
RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine 
Datestamp
2022-12-06 09:55:45 
Abstract :
Kesehatan merupakan hal yang penting dalam kehidupan sehingga menjadikannya suatu kebutuhan yang mendasar bagi masyarakat. Kebutuhan itulah yang menjadikan masyarakat merasa perlu menjaga kesehatan dan memperoleh pelayanan kesehatan. Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesan terhadap kinerja atau hasil produk dan harapan-harapannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien tentang pelayanan kefarmasian di Puskesmas Kedungbanteng Kabupaten Tegal. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah pasien yang mendapatkan pelayanan kefarmasian di Puskesmas Kedungbanteng dan telah memenuhi kriteria inklusi dan kriteria eksklusi dengan jumlah responden sebanyak 89 responden. Teknik sampling penelitian ini adalah purposive sampling. Cara pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar kuisioner berdasarkan skala likert. Analisis pada penelitian ini adalah analisis univariat. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa persepsi tingkat kepuasan terbesar yaitu pada dimensi assurance 86,51 % pasien menyatakan sangat puas dengan rata ? rata presentase sebesar 85,40% . Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa responden merasa sangat puas terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Kedungbanteng Kabupaten Tegal. 
Institution Info

Politeknik Harapan Bersama