Institusion
Politeknik Harapan Bersama
Author
Salsabillah, Melly Inez
Putri, Anggy Rima
Purgiyanti, Purgiyanti
Subject
RA Public aspects of medicine
Datestamp
2021-11-11 03:44:42
Abstract :
BPJS Kesehatan yang diselenggarakan langsung dari pemerintah atau Negara ini memang sebuah program yang diwajibkan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Selain itu, kelebihan BPJS bagi pasien adalah biaya yang murah pasien sudah mendapatkan layanan atau perlindungan kesehatan dari pemeriksaan, raawat inap, dan pembedahan. Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesan kinerja atau hasil suatu produk dan harapan-harapannya. Dalam upaya meningkatkan pelayanan kefarmasian di Klinik perlu dilakukan evaluasi dengan menilai dari kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tingkat kepuasan kualitas mutu pelayanan kefarmasian pasien perserta BPJS di Klinik Pratama Syifa Ar-Rachmi Slawi.
Penelitian ini menggunakan penelitian metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. variabel independen adalah mutu pelayanan BPJS Kesehatan dan variabel dependen adalah kepuasan pasien. Sampel yang diambil menggunakan purposive sampling yaitu teknik penetapan sampel dengan cara memilih sampel yang diinginkan peneliti sesuai kriteria inklusi dan ekslusi sehingga sampel tersebut dapat mewakili karakteristik populasi. Data diambil dengan menggunakan kuesioner yang digunakan analisis univariat dalam bentuk frekuensi, distribusi, dan presentase.