Institusion
Politeknik Harapan Bersama
Author
Permata, Gita Aulia Rachma
Subject
RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Datestamp
2022-12-12 11:51:28
Abstract :
Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator keberhasilan pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Kepuasan pelayanan jasa kesehatan tercapai jika apa yang di dapatkan pasien melebihi dari harapannya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran pelayanan informasi obat dan gambaran tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan informasi obat di Puskesmas Dukuhturi.
Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang diambil adalah data primer melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah 150 orang dan seluruh pasien maupun keluarga dari pasien rawat jalan yang mendapatkan pelayanan informasi obat di Puskesmas Dukuhturi. Teknik sampling dengan metode purposive sampling dan jumlah responden yang terlibat dalam penelitian sebanyak 60 orang.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pasien merasa puas dengan pelayanan informasi obat dengan mendapatkan nilai rata-rata 4,163. Adapun kepuasan pasien dibagi menjadi lima dimensi dari skala 1-5, yaitu dimensi ketanggapan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 4,210 kategori puas, dimensi kehandalan nilai rata-rata yang diperoleh 4,207 kategori puas, dimensi jaminan nilai rata-rata yang diperoleh 4,190 kategori puas, dimensi empati diperoleh nilai rata-rata 4,113 kategori puas, dan dimensi bukti fisik diperoleh nilai rat-rata 4,093 kategori puas.